Kamis, 09 Juli 2009

Berdirinya Kota Banten (12)

Sumber : Proses Islamisasi Di Banten
Prof. Dr. Halwany Michrob, M.Sc, dan Drs. Mudjahid Chudari

Tentang Tarikh
Berdirinya Kasultanan Banten di Surosowan

Dituliskan sbb :
Inkang kalang Banten nagari sedengnyan haro hara ikang nunaya jeng sisa Sabakingkin anak ira Susuhunan Jatipurba lawan prasaparisharanya. teka wong muslim prasiya sira, wiweha kahanan ika wadya Demak lan Charbon teka ta prahwa nira mandeg ing labuhan Banten nagari, irika tang ayuddha mwang anggepuk wadya bala Budha-Prawa. Bopatya Banten nagari lawan saparicharya nya lamayu menjing wanantara paran ira mangidul ngetan ringkitha-gung Pakuan Pajajaran, witan ikang pramatya Banten nagari. Ri huwuws ika binu patyakna ta sira Sabakingking deng Rama Nira Susuhunan Jatipurba kang lungguh Raja Paditha atahwa Sang Kamastwing Sarat Sunda, kang tamolah ing puser bumi nagari ya ta Charbon kithaya sinebut Garage.
(Purwaka Caruban Nagari, Pupuh 162-168).

Terjemahan Teks tersebut adalah :
(162) Pada waktu itu di Banten sedang timbul huru-hara yang disebabkan oleh Pangeran Sabakingkin, putra Susuhunan Jatipurba dengan para pengikutnya.
(163) Orang-orang muslim dan para muridnya, bertambah-tambah dengan kedatangan angkatan bersenjata Demak dan Cirebon yang telah berlabuh di Pelabuhan Banten. Kemudian menyerang dan memukul.
(164) Angkatan bersenjata Budha-Parwa. Adipati banten dan para pengikutnya melarikan diri masuk hutan belantara menuju arah tenggara ke kota besar Pakuan pajajaran.
(165) Setelah itu dinobatkanlah Pangeran Sabakingkin dinegeri Banten dengan Gelar
(168) Pangeran Hasanuddin oleh Ayahnya dipertuan bagi seluruh daerah sunda, yang berpusat dipuser bumi yaitu negeri Cirebon atau Garage.

Jika penaklukan Banten Girang terjadi pada tahun 1525 M, maka pendirian Banten pesisir (Surosowan) sesuai bukti arkeologis dengan berita asing dan Purwaka Caruban Nagari terjadi tidak lain pada tahun 1526 M.
Maka untuk pemindahan ibukota Banten dari Banten Girang ke Surosowan (Banten Pesisir) itu dimungkinkan terjadi pada tanggal 1 Muharram 933 Hijriyah yang menurut Tabel Wuskfeld, bertepatan dengan tanggal 8 Oktober 1526 Masehi.

Tidak ada komentar: